Hizbul Wathan Mu'allimin. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 29 April 2010

Peraturan Baris-berbaris


Temen-temen, berikut ini akan disampaikan sedikit materi untuk sebagai pembukaan n perkenalan Dalam peraturan baris-berbaris. Cekidot: (oiza, sorry bro gambarnya pake gambar bebek. iar kalian pada ngerasa kalo kalah ama bebek... hahaha... piss bro!!)

SEJARAH

Berbaris pertama kali dikenal pada jaman Kekaisaran Romawi pada saat Kaisarnya Julius Caesar, dengan maksud agar pasukan yang berada dibawah kekuasaannya mempunyai rasa tanggungjawab, disiplin yang tinggi dengan melihat hasil lahir, yaitu Kerapihan, kekompakan, Ketertiban dan Kesigapan.

Pasukan Julius Caesar sangatlah terkenal pada jamannya (baca sejarah romawi)


PENGERTIAN

Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan bathin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.

Sikap lahir yang diperoleh

· Ketegaran
· Ketangkasan
· Kelincahan
· Kerapihan
· Ketertiba
· Kehidmatan
· Kekompakan
· Keseragaman
· Kesigapan
· Keindahan
· Ketanggapan
· Kewajaran tenaga
· Kesopanan
· Ketelitian
· Ketenanga
· Ketaatan
· Keikhlasan
· Kesetiakawanan
· Kebersamaan
· Persaudaraan
· Keyakinan
· Keberanian
· Kekuatan
· Kesadaran
· Konsentrasi
· Kebiasaan
· Berani berkorban
· Persatuan


MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud : Sebagai pendidikan / latihan awal bela negara, sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara Indonesia seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 1945

Tujuan : Menumbuhkan disiplin, mempertebal rasa dan semangat kebangsaan dan patriotisme yang tinggi sehingga tercipta rasa tanggung jawab yang tinggi pula atau menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin dengan senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu secara tidak langsung menanamkan rasa tanggung jawab.


INGAT !!! Pelatihan Inti PBB

1. Sikap dan Penampilan
2. Hentakan Kaki
3. Patah – patah
4. Rata – rata Air
5. Irama Langkah
6. Kewajaran Tenaga
7. Konsentrasi

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Sekolah Tercinta

Anggota

Tentang Kita

Foto Saya
Adalah Dewan Yang Dibentuk Untuk Mengakomodir Suara-Suara Anggota Hizbul Wathan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berdiri Bertepatan Pada tanggal 1 Juni 2003, Kepanduan Hizbul Wathan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta secara resmi dideklarasikan dan diresmikan oleh Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Yogyakarta.